Dirjen Bimas Hindu kunjungi Maluku

Suatu kebanggaan bagi umat Hindu di Maluku, karena dikunjungi oleh Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI Dr. Tri Handoko Seto, M.Sc (2 Maret – 4 Maret 2021). Menurut bapak Dirjen ini adalah kunjungan pertama kali setelah pandemi covid-19 terjadi. Kunjungan kali ini merupakan kunjungan untuk menindaklanjuti pelaksanaan Utsawa Dharma Gita tahun 2020 yang seharusnya dilaksanakan secara langsung di kota Ambon namun akibat pandemi di batalkan. Sehingga kegiatan Utsawa Dharma Gita tahun 2020 dipindahkan ke tahun 2021 dengan menggunakan sistem semi daring. Olehnya itu Dirjen Bimas Hindu perlu menyampaikan langsung ke pemerintah provinsi Maluku dalam hal ini Gubernur Maluku. Terkait dengan hal tersebut pada tanggal 3 Maret 2021 Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, menerima rombongan Dirjen Bimas Hindu yang didampingi oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag, Ketua Parisada Hindu Dharma Provinsi Maluku Dr. I Wayan Sutapa, M.Sc, dan Pembimas Hindu Maluku Sukardi Rianto, S.Ag.

Pada kesempatan tersebut Dirjen Bimas Hindu menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Maluku atas perhatian dan kesediaannya untuk menjadi tuan rumah Utsawa Dharma Gita. Oleh karena pandemi covid-19 ini maka Dirjen Bimas Hindu mengambil langkah-langkah untuk tetap melaksanakan Utsawa Dharma Gita namun tidak secara langsung, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi semakin merebaknya pandemi ini. Untuk itu Dirjen Bimas Hindu menyampikan akan melakukan utsawa dharma gita menggunakan sistem recording. Menurut Dirjen Bimas Hindu “Jika model ini dilakukan tentu kemeriahan kegiatan ini tidak terasa, sehingga impactnya bagi tuan rumah pelaksana tidak ada. Selain itu juga tentu dengan menggunakan model ini diperlukan sistem pendukung IT yang kuat agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar.”

Sehingga pelaksaan Utsawa Dharma Gita tahun 2021 akan tetap dilaksanakan namun mungkin tempatnya akan dilangsungkan dari Jakarta yang secara sistem IT sangat lengkap. Namun diakhir diskusi bersama Gubernur Maluku Dirjen Bimas Hindu menjanjikan bahwa Utsawa Dharma Gita yang akan datang akan tetap dilaksanakan di Maluku secara langsung. Gubernur Maluku sangat menyambut baik apa yang disampaikan oleh Dirjen Bimas Hindu dan Rombongan